Publikasi

Umum

Bukti Nyata! Tugu Tirta Dorong Upaya Kesetaraan Gender di Sektor Air Minum

Bukti Nyata! Tugu Tirta Dorong Upaya Kesetaraan Gender di Sektor Air Minum

MALANG- Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menunjukkan komitmennya dalam mendukung peran perempuan & kesetaraan gender untuk peningkatan akses air minum dalam pelaksanaan keseluruhan proses bisnis.

Perumda Tugu Tirta telah membuka peluang sebesar- besarnya bagi perempuan yang ingin berkarir di bidang air minum. Selain itu, Tugu Tirta juga sangat memperhatikan keterwakilan kaum hawa dalam seluruh proses bisnisnya.

"Saat ini, empat dari 13 posisi manajer di perusahaan kami diduduki perempuan. Bahkan secara prosentase, 28% pegawai Tugu Tirta adalah perempuan," ungkap Direktur Teknik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Ir Ari Mukti MT saat menjadi salah satu pemateri dalam webinar bertajuk "Peran dan Kepemimpinan Perempuan dalam Peningkatan Akses Air Minum" yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR di Jakarta, Kamis (9/9/21).

Saat paparan dalam webinar tersebut, satu-satunya direksi perempuan di Perumda Tugu Tirta ini menjelaskan banyak hal menginspirasi, antara lain soal peluang dan kesempatan pegawai perempuan di Tugu Tirta serta visi, misi, strategi dalam meningkatkan kesetaraan gender di Tugu Tirta. Hal-hal tersebut mendapat apresiasi dan memacu antusiasme seluruh peserta webinar.

"Kami mempunyai visi, misi dan inovasi untuk mewujudkannya. Adapun strategi yang dilakukan adalah melibatkan pegawai perempuan di berbagai kegiatan dan aktivitas bisnis Tugu Tirta serta menempatkan pegawai perempuan pada bidang-bidang pekerjaan teknik yang lazimnya identik dengan pegawai pria," beber Ari Mukti menuai aplaus.

Webinar ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya mendukung pengarusutamaan Gender Equality & Social Inclution (GESI). Cara mencapainya, salah satunya dengan meningkatkan pemahaman terkait GESI dan peningkatan peran perempuan maupun kelompok rentan lainnya dalam mencapai kesetaraan gender pada sektor air minum.



Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: