Selasa. 16 Maret 2021
MALANG- Bukan tanpa alasan jika banyak
perusahaan air minum dari seantero Indonesia yang berkunjung ke
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.
Karena
berbagai inovasinya yang luar biasa untuk peningkatan pelayanan air
minum Kota Malang, Tugu Tirta menginspirasi perusahaan daerah air minum
lain di Indonesia dan menjadi jujugan tempat belajar alias studi
banding.
“Kami memiliki SDM yang berkompeten dan selalu menjadi
narasumber dan pengajar di event seminar atau pelatihan SPAM dan
teknologi IT,” ungkap Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota
Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si.
Sejumlah program inovasi Tugu
Tirta yang mencuri perhatian diantaranya, program penurunan kehilangan
air (berhasil mencapai angka 16%), teknologi informasi yang terintegrasi
(portal TWUIN), sistem distribusi air yang berbasis teknologi otomasi
(SCADA - TWUIN Command Center) dan program zona air minum prima (ZAMP)
memberikan layanan air siap minum ke pelanggan.
“Tugu Tirta juga
menjalankan rencana pengamanan air minum (RPAM) nomor satu di Indonesia
dan dipercaya oleh Direktorat Air Minum Kementerian PUPR, Bappenas serta
WHO,” beber Muhlas.
Ke depan, perusahaan yang berkantor di Jalan
Terusan Danau Sentani No 100 itu akan mengembangkan Sistem Penyediaan
Air Minum SPAM 1 dan SPAM 2 dengan total sekitar 450 l/s untuk
meningkatkan pelayanan air minum Kota Malang.
Perubahan dari PDAM
menjadi Perumda Air Minum Tugu Tirta, berdasarkan Peraturan Daerah
(Perda) Kota Malang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perusahaan Umum Daerah
Air Minum Tugu Tirta Kota Malang pada tanggal 27 Desember 2019, tak
sebatas peralihan nama dan identitas semata.
Lebih dari itu,
cakupan kegiatan usaha perusahaan kini menjadi lebih luas. Tugu Tirta
bisa mengoptimalkan potensi untuk membentuk dan mengembangkan kegiatan
usaha lainnya, tanpa mengesampingkan pelayanan prima kepada pelanggan
sebagai prioritas.
Sebagai kontribusi Tugu Tirta untuk negara di
bidang SDM dan industri 4.0, juga dilakukan pengembangan bisnis
pendirian Training Center untuk PDAM se-Indonesia dan pengembangan
aplikasi IT.
Tugu Tirta juga serius melaksanakan studi kelayakan
WTP SPAM sebagai langkah jangka panjang untuk jaminan akses aman dan
ketercukupan air minum bagi warga Kota Malang.
Salah satu inovasi
baru unggulan Tugu Tirta adalah ‘Si Raja Air’. Ide orisinil dari Tugu
Tirta ini sudah berjalan mulai 2020 dan masuk dalam nominasi Kompetisi
Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2021.
“Si Raja Air
adalah Sistem Rekayasa Jaringan Air yang digagas untuk penanganan
kejadian force majeure air tidak mengalir melalui rekayasa jaringan,
tangki bantuan dan terminal air,” papar Muhlas.
Si Raja Air
mempunyai dua tujuan utama, yaitu untuk meminimalisir dampak gangguan
pelayanan akibat force majeure dan pemenuhan kebutuhan air sementara.
Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang