Publikasi

Umum

Tugu Tirta Tancap Gas, Pelayanan Prima Jadi Prioritas

Tugu Tirta Tancap Gas, Pelayanan Prima Jadi Prioritas

MALANG- Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang terus tancap gas untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan di tahun 2021 ini.


Loket pelayanan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat di masa pandemi, call center maupun layanan pengaduan juga tak pernah absen.


Begitu pula kebutuhan masyarakat akan informasi terkait layanan, sambungan dan apapun terkait perusahaan yang sebelumnya bernama PDAM Kota Malang ini, dapat dengan mudah diakses melalui kanal website dan media sosial, mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram.


“Kami menekankan pentingnya fast response demi menunjang pelayanan prima. Petugas pengaduan resmi kami selalu standby dalam menerima saran, menanggapi keluhan, serta memberikan update informasi secara aktual dalam hal pelayanan dan kebijakan perusahaan,” ujar Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si.


Sebagai informasi, cakupan pelayanan Perumda Air Minum Tugu Tirta sebesar 96,40% dari jumlah penduduk Kota Malang sebanyak 879.527 jiwa. Kenaikan jumlah pelanggan yang signifikan, menjadi tantangan besar dalam komitmen menyediakan pelayanan air minum yang prima dan berkelanjutan. Per 1 Februari 2021, jumlah pelanggan mencapai 169.854 sambungan rumah dan diprediksi terus naik.


Tugu Tirta juga secara sustainable mengembangkan sistem informasi terintegrasi dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi terintegrasi yang dimaksud adalah TOTAL WATER UTILITY INTEGRATED NETWORK (TWUIN) yang mencakup direktorat teknik dan direktorat administrasi.


Untuk aplikasi teknik terdiri dari Geographic Information System (GIS), Sistem Informasi Pasang Baru 2 Days Service (2 hari mengalir), Work Order, Sistem Informasi Buka-Tutup Pelanggan, Sistem Informasi Rekondisi Jalan (bekas galian), e-RAB, PASPAM (Perencanaan Aset), SCADA (monitoring pompa, reservoir dan lain-lain).


Untuk aplikasi administrasi terdiri dari Billing System, SiCater (Sistem Informasi Pembacaan Meter), e-Office (surat menyurat digital), e-Akuntansi (sesuai SAK-ETAP), Sistem Informasi Human Resource Development (master pegawai, payroll, lembur, otomatisasi performa berbasis kinerja, dll) yang terintegrasi dengan seluruh aplikasi pada direktorat teknik.


Tak heran bila Tugu Tirta menjadi jujugan studi banding sejumlah perusahaan daerah air minum se-Indonesia, yang ingin menerapkan inovasi seperti apa yang telah dilakukan di Malang. Diantaranya yang telah berkunjung di awal 2021 adalah Perumda Air Minum Tirta Jungporo Jepara dan PDAM Tirtanadi Medan.


“Kami juga berharap teknologi informasi yang dikembangkan dapat menginspirasi dan dapat dikembangkan di perusahaan daerah air minum lain di seluruh Indonesia. Semangatnya adalah bagaimana kita maju bersama-sama memberikan pelayanan air minum terbaik bagi masyarakat,” lanjut Muhlas.


Ratusan karyawan dan karyawati perusahaan yang berkantor di Jalan Terusan Danau Sentani No 100 ini juga telah mengikuti tahapan vaksinasi Covid-19.


Muhlas berharap, pemberian vaksin ini bisa meningkatkan imunitas seluruh pegawai sehingga bisa bekerja optimal dalam rangka pelayanan prima kepada masyarakat, meski di tengah situasi pandemi.Pelaksanaan vaksinasi ini bukan hanya memberi jaminan rasa aman dan nyaman bagi internal perusahaan, namun juga pihak luar, mitra kerja, serta para pelanggan yang tatap muka dengan karyawan dan karyawati Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.


Di dalam maupun di luar kantor, karyawan-karyawati juga menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin ‘5M’ dalam keseharian, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.


Di triwulan awal 2021 ini, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang juga pro aktif dalam optimalisasi potensi untuk membentuk dan mengembangkan kegiatan usaha lainnya, tanpa mengesampingkan pelayanan prima kepada pelanggan sebagai prioritas.


Termasuk menjalin kerjasama dengan PT Adaro Tirta Mandiri terkait studi kelayakan Sistem Pelayanan Air Minum (SPAM). Ke depan, Pemkot Malang melalui Perumda Air Minum Tugu Tirta memang konsentrasi dalam

pembangunan dan pengembangan SPAM sebagai upaya menjaga ketersediaan air minum di Kota Malang untuk jangka panjang.


Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: