Publikasi

Umum

Tekad Berprestasi, Perumda AMGP Kota Singkawang Serap Ilmu dari Tugu Tirta

Tekad Berprestasi, Perumda AMGP Kota Singkawang Serap Ilmu dari Tugu Tirta

MALANG- Tak mau jauh tertinggal dari BUMD-BUMD Air Minum lain di Tanah Air yang terus berkembang, Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) Kota Singkawang berinisiatif untuk belajar langsung ke salah satu perumdam paling berprestasi di Indonesia.

Untuk memenuhi misinya, rombongan dari Kalimantan Barat tersebut jauh-jauh datang ke Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Kamis (22/6/23).

"Dengan reputasinya sebagai salah satu BUMD Air Minum rujukan nasional, kami ingin belajar langsung ke Perumda Tugu Tirta. Kami ingin belajar secara kompehensif bagaimana memanage perusahaan agar bisa berprestasi seperti Perumda Tugu Tirta," ungkap Dewan Pengawas Perumda AMGP, Sutiarno yang ikut dalam rombongan.

Bukan tanpa alasan jika Perumda AMGP merasa demikian. Menurut Sutiarno, masih banyak keterbatasan yang menjadi kendala pengembangan perusahaan di kota berpenduduk 240 ribu jiwa tersebut.

"Kami masih mengelola produksi untuk menjadi air bersih. Masih terus berusaha agar sampai level air minum. Sumber air baku kami tidak sebanyak seperti di Malang, bahkan untuk sungainya terbilang keruh. Hanya mengandalkan enam titik sumber," bebernya.

Direktur Perumda AMGP, Suriandi SP berupaya agar segala keterbatasan yang ada bisa disiasati dengan manajemen pengelolaan yang baik.

"Kami termotivasi belajar langsung ke Kota Malang supaya mendapat gambaran pengelolaan perusahaan yang profesional dengan penataan SDM yang baik. Kami juga ingin seperti Perumda Tugu Tirta yang memiliki banyak pengembangan inovasi di sektor IT untuk menunjang sistem pelayanan," tuturnya.

Dengan jumlah total pelanggan di kisaran 29.000 Sambungan Rumah (SR), Perumda AMGP bertekad bisa melaju kencang untuk memperbaiki layanan dan menambah jumlah pelanggan aktif.

"Karena itulah, kami merasa perlu mendapat pendampingan khusus demi kemajuan perusahaan," sambung Suriandi.

Hal tersebut ditanggapi positif Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas S.Pd, MSi. Dia menekankan pentingnya membentuk super team demi goal memajukan perusahaan.

"Kami siap memberikan pendampingan melalui LPK ToSS kepada rekan-rekan di Kota Singkawang. Harapannya, hal tersebut menjadi ajang transfer knowledge bernilai positif sebagai sesama tukang ledeng. Kita sama-sama belajar demi meningkatkan kapasitas dan kompetensi. Targetnya kurang lebih sama, yakni memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta kontribusi signifikan bagi pemerintah daerah," tegas Muhlas.



Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: