Publikasi

Umum

Tirta Uli Ikuti Program Pelatihan Manajemen Aset Tugu Tirta

Tirta Uli Ikuti Program Pelatihan Manajemen Aset Tugu Tirta

MALANG- Sebagai salah satu perusahaan daerah air minum terbaik di Indonesia, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang berkomitmen untuk terus membagikan pengetahuan demi kemajuan bersama perusahaan air minum se-Tanah Air.

Nyatanya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tak menyurutkan giat sharing knowledge yang rutin dijalankan.

Salah satunya dengan mengisi Virtual Bimtek Sistem Informasi Manajemen Aset bersama Perumda Tirta Uli Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin (6/9/21).

"Manajemen aset kami sudah terintegrasi dengan aplikasi eksisting sehingga kinerja bisa lebih optimal. Belum banyak PDAM lain yang menerapkannya. Semoga sharing informasi dan ilmu dari kami bisa bermanfaat," tutur Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M. Si dalam sambutannya saat membuka kegiatan di TCC Tugu Tirta.

Muhlas berharap dengan sharing knowledge ini, ada semakin banyak perusahaan daerah air minum di Indonesia yang bisa menerapkannya termasuk di Kota Pematangsiantar.

"Dengan pengelolaan sistem manajemen aset yang baik, maka kita bisa tepat investasi, tepat hasil kerja, tepat waktu dan tepat sasaran. Kesemuanya penting diterapkan di seluruh perusahaan air minum daerah se-Indonesia," tegasnya.

Berikutnya, Direktur Teknik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang Ir Ari Mukti MT giliran menyampaikan best practice
Pengelolaan Manajemen Aset.

Ari Mukti membeberkan di awal, bahwa manajemen aset muncul atas banyaknya aset di wilayah pelayanan Tugu Tirta Kota Malang.

"Kami berkomitmen pelayanan prima 24 jam, sehingga tidak boleh ada kegagalan aset. Pasalnya, kegagalan aset menyebabkan kegagalan air minum," terang satu-satunya direksi perempuan di Tugu Tirta ini.

"Banyak sekali manfaat jika kita bisa mengelola manajemen aset dengan baik. Diantaranya, bisa mengurangi biaya siklus, fokus pemanfaatan sumber daya yang ada. Sehingga ada efektifitas biaya pemanfaatan serta pengambilan keputusan yang lebih  baik," jelasnya.

Hal ini disambut baik segenap jajaran Direksi dan Manajemen Perumda Tirta Uli. Apresiasi khusus disampaikan Direktur Utama Tirta Uli, Ir Zulkifli Lubis MT didampingi Direktur Umum Berliana Napitu SE, MM dan Direktur Teknik Andarianto ST. .

"Terima kasih Perumda Air Minum Tugu Tirta bersedia menularkan ilmu dan mau membimbing kami. Target tahun ini kami memang harus bisa menata manajemen aset demi optimalisasi kinerja," seru Zulkifli.

Bimtek berlangsung satu hari dengan berbagai agenda kegiatan, antara lain; pengenalan dan praktek pembuatan rantai pasok, identitikasi master data aplikasi manajemen aset hingga praktek membuat penilaian aset pilot project.

Program pelatihan semacam ini menjadi salah satu upaya Tugu Tirta dalam melakukan pengembangan bisnis.




Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: