Publikasi

Umum

Lantik Direksi Baru Tugu Tirta, Pj Walikota Malang Amanahkan Harapan Besar

Lantik Direksi Baru Tugu Tirta, Pj Walikota Malang Amanahkan Harapan Besar

MALANG- Pj Walikota Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM, selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) melantik Direksi Perumda Air Minum Tugu Tirta periode 2024-2029, Jumat (19/7/24) sore di Ruang Sidang Balaikota Malang.

Direksi terpilih adalah Priyo Sudibyo SE, S.Sos sebagai Direktur Utama, Wahjoe Darmawan S.Sos sebagai Direktur Administrasi dan Keuangan, serta M Fauzan Indrawan ST, MM sebagai Direktur Teknik.

Proses pengangkatan Direksi Perumda Tugu Tirta telah melalui beberapa tahapan. Mulai dari seleksi administrasi, UKK, presentasi makalah dan wawancara. Jabatan direksi akan diemban hingga lima tahun ke depan, terhitung sejak dilantik 19 Juli 2024.

“Saya ucapkan selamat, semoga bermanfaat untuk bangsa dan negara serta Perumda Tugu Tirta dan Kota Malang. Perumda Tugu Tirta masih dihadapkan berbagai tantangan, khususnya kualitas pelayanan publik dalam penyediaan air. Saat (tahapan) wawancara, ada beberapa keinginan yang sama terkait solusi permasalahan Perumda Tugu Tirta,” ungkap Wahyu Hidayat dalam sambutannya.

Sebagai informasi, pelantikan jajaran Direksi Perumda Tugu Tirta telah sesuai sebagaimana mekanisme dan prosedur yang ditetapkan dalam peraturan Permendagri nomor 37 tahun 2018. Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi BUMD. Dimana pada pasal 49 menyatakan, pengangkatan calon anggota direksi terpilih dilakukan dengan keputusan KPM atau Kuasa Pemilik Modal untuk Perumda.

“Berdasarkan hasil konsultasi dengan Kemendagri, saya Penjabat Walikota selaku Kuasa Pemilik Modal Tugu Tirta, mempunyai kewenangan untuk melakukan pengangkatan ini. Sehingga ini sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku,” tegas Wahyu.

Selaku KPM, Wahyu berharap jajaran kepemimpinan baru dapat mengidentifikasi, menganalisis dan menyelesaikan setiap masalah. Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini juga berharap, adanya peningkatan SDM, optimalisasi proses kerja dan transparansi dalam pengelolaan perusahaan.

“Saya meminta agar jajaran direksi yang baru memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kerja dan kinerja Tugu Tirta. Jangan lupa, juga tanggap terhadap keluhan dan kebutuhan masyarakat, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Malang. Kami yakin beliau-beliau ini bisa menyelesaikan permasalahan yang ada,” pesannya.

Lebih lanjut Wahyu berharap, Perumda Tugu Tirta komitmen menjaga kualitas air, distribusi yang merata, pelayanan yang cepat dan responsif. Inovasi dan teknologi juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin, agar bisa meningkatkan cakupan layanan air minum.

“Harapannya masyarakat Kota Malang dapat menikmati air bersih dengan mudah dan terjangkau. Selain itu, sebagai BUMD juga berorientasi pada profit, agar Perumda Tugu Tirta dapat ikut menopang pendapatan daerah,” serunya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta yang baru saja dilantik, Priyo Sudibyo SE, S.Sos menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari Dewan Pengawas dan Pj Walikota Malang.

“Program pertama saya adalah pembenahan internal. Saya akan mengaudit keuangan dan kinerja. Dari situ akan ketahuan bagaimana kerja jajaran sebelumnya, sehingga kami bisa membuat langkah selanjutnya,” kata Priyo.

Tak hanya itu, pihaknya juga siap membangun sinergisitas dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu terkait pemanfaatan sumber air bagi layanan air minum.

“Komunikasi sudah sangat baik. Akan kami intensifkan lagi. Dalam waktu dekat akan kami lakukan pertemuan bersama pihak Kabupaten Malang dan Kota Batu. Ini demi Perumda Tugu Tirta lebih baik, demi pelayanan bagi masyarakat Kota Malang," tandas Sam Bogang, sapaan akrab pria yang juga aktif di berbagai kegiatan kemasyarakatan ini.


Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: