Publikasi

Umum

Jelang Purna Tugas, Pegawai Tugu Tirta Dibekali Diklat Kewirausahaan

Jelang Purna Tugas, Pegawai Tugu Tirta Dibekali Diklat Kewirausahaan

MALANG- Tanggal 8 Maret 2022, untuk kali pertama, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menggelar Diklat Pembekalan Usaha bagi Pegawai yang Memasuki Masa Purna Tugas.

Diikuti 18 pegawai yang akan pensiun di Tahun 2022, Diklat atau Inhouse Training ini digelar di Oproom 3 Kantor Pusat Perumda Tugu Tirta dan dibuka langsung oleh Direktur Administrasi dan Keuangan yang juga Plt. Manajer Sumber Daya Manusia, M Syaifudin Zuhri SE, MM.

"Ini pelaksanaan pertama dan rencananya akan menjadi program reguler. Jadi setiap tahun akan diagendakan diklat atau pembekalan seperti ini," ungkap Syaifudin.

Diklat ini bertujuan untuk memberi pembekalan kepada pegawai yang memasuki masa purna tugas, sehingga ketika sudah pensiun nanti punya gambaran yang gamblang jika ingin memulai usaha baru.

"Mudah-mudahan bisa memberi gambaran atau masukan tentang cara berwirausaha yang benar. Karena dari pengalaman yang sudah-sudah, ada rekan-rekan yang sudah purna tugas dan memulai usaha malah merugi dan berhenti berwirausaha karena pengelolaan yang mungkin salah," beber Syaifudin.

Asisten Manajer Pengembangan SDM Perumda Tugu Tirta, Aritono SE menambahkan, bahwa diklat ini merupakan bentuk perhatian perusahaan, supaya hal-hal seperti kerugian atau pengalaman tak mengenakkan serupa tak lagi dialami pegawai Perumda Tugu Tirta yang telah purna tugas.

"Kami beri pembekalan di awal tahun, agar nanti ada cukup waktu untuk mendapat pendampingan dari konsultan. Mulai diajari cara tata kelola bisnis, pengemasan hingga pemasaran produk dan pengurusan izin usaha," terang Tony, sapaan akrabnya.

Tim konsultan kali ini berasal dari PT Graha Bahari yang memang memiliki tenaga ahli di bidang UMKM, serta akademisi dan praktisi yang kapabel dan berpengalaman sehingga bisa memberi materi diklat kepada peserta.

"Para trainer berasal dari berbagai disiplin ilmu,  seperti pembuatan produk, pemasaran, perizinan, akademisi dan praktisi UMKM sehingga bisa memberikan pembekalan yang memang dibutuhkan oleh para pegawai Perumda Tugu Tirta yang akan purna tugas dan mengisi masa pensiun dengan berwirausaha," tutupnya.



Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: