Publikasi

Umum

Kembali Dipercaya, Tugu Tirta Tuan Rumah Pelatihan Efisiensi Energi Level Nasional

Kembali Dipercaya, Tugu Tirta Tuan Rumah Pelatihan Efisiensi Energi Level Nasional

MALANG- Atas reputasi brilian dan konsistensinya sejauh ini, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang kembali dipercaya menjadi tuan rumah diklat selevel nasional.

Kali ini, Pelatihan Efisiensi Energi di BUMD Air Minum oleh USAID IUWASH Tangguh & USAID Sinar digelar di Kota Malang.

"Kami merasa tersanjung bisa menjadi tuan rumah pelatihan, yangmana menjadi program pengembangan bertaraf nasional. Semoga kami bisa berkontribusi maksimal dan memberikan knowledge experience yang positif bagi seluruh peserta," ungkap Direktur Teknik Perumda Tugu Tirta, Ir Ari Mukti MT, saat membuka kegiatan di Ruang TCC Tugu Tirta, Jumat (2/2/24).

Berikutnya, total 19 peserta yang terdiri dari sejumlah perwakilan BUMD Air Minum berbagai daerah, mengikuti praktek lapangan dengan dipandu para expert mentor dari USAID IUWASH Tangguh, USAID Sinar dan Total System Solution (ToSS) Tugu Tirta. Mereka antara lain berasal dari Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Kupang.

"Sejumlah BUMD Air Minum dari daerah-daerah tersebut menjadi pilihan prioritas kami untuk disupport, karena memiliki masalah efisiensi energi yang cukup berat," terang COP USAID IUWASH Tangguh, Alifah Lestari.

"Kami berharap bisa belajar dari Kota Malang yang sudah berpengalaman dan teruji. Tugu Tirta adalah salah satu BUMD air minum yang telah menindaklanjuti secara mandiri apa yang dulu awalnya kami dampingi. Semoga hal ini dapat memotivasi PDAM yang lain," lanjutnya.

Menurut Alifah, tanpa komitmen dari Perumda Tugu Tirta, ide dan gagasan program ini tak akan terlaksana.

"Kami ini hanya memberi peluang untuk belajar, tapi implementasi tetap bergantung manajemen di daerah masing-masing BUMD air minum yang berpartisipasi," tambahnya.

Pihaknya berharap pelatihan ini terus berlanjut ke langkah berikutnya. Jangan sampai hanya berhenti sebatas pelatihan saja. Alifah dan Ari Mukti optimis program ini akan terus berkembang dan berdampak luas.




Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: