Publikasi

Umum

Makin Dinamis, Tugu Tirta Bakal Terapkan Business Intellegence

Makin Dinamis, Tugu Tirta Bakal Terapkan Business Intellegence

MALANG-  Dinamika perkembangan teknologi informasi di era 4.0 membuat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang bertekad menerapkan Intelegensi Bisnis atau Business Intellegence (BI) di bidang pencatatan pemakaian air (PPA).

Sebagai informasi, BI adalah representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap data untuk membantu user dalam suatu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik.

Sebagai langkah awal, digelar Inhouse Training selama tiga hari, mulai Senin (25/10/21) hingga Rabu (27/10/21), yang diikuti pegawai Perumda Tugu Tirta.

"Kami ingin mengupgrade SDM PPA di bidang Data Analysis seiring berkembangnya teknologi informasi di era 4.0. BI harus mulai diimplementasikan di Sub Bagian PPA karena revolusi industri terus berjalan dinamis," ungkap Asisten Manajer PPA Perumda Tugu Tirta, Dedi Setiawan ST.

Saat ini, pihaknya sudah melakukan trial atau ujicoba penerapan dengan memanfaatkan sistem Power BI yang disinergikan bersama Bagian Sistem Informasi Manajemen (SIM).

"Melalui Power BI ini, kita bisa memantau, menganalisa dan mengukur jumlah pemakaian pelanggan, anomali meter macet, tracing wilayah pemakaian tertinggi dan sebagainya melalui data yang tersaji. Semuanya akan termonitor lewat visualisasi dashboard Business Intelligence," beber Dedi.

Inisiatif dan inovasi ini disambut baik oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si.

"Saya sangat mengapresiasi dan berharap BI bisa kita terapkan secara optimal. Karena ini sesuai spirit kita yakni mampu memanfaatkan teknologi berbasis pelayanan," tuturnya antusias pada kesempatan penutupan kegiatan.

Menurutnya, ini merupakan langkah yang baik dari Bagian Hubungan Pelanggan (Hublang) untuk bisa menganalisa data demi kemajuan perusahaan.

"Saya melihat ini menjadi hal yang penting, karena dari data tersebut nantinya kita olah menjadi pengetahuan. Setelah verifikasi dan validasi, maka meningkat lagi menjadi ilmu pengetahuan. Kecerdasan manusia adalah bagaimana kecerdasan beradaptasi. Kecerdasan itu digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Ketika masalah bisa kita pecahkan, maka kita mendapatkan pengalaman yang dijadikan ilmu alias empirical science," urai Muhlas.

Dengan adanya BI, Perumda Tugu Tirta akan lebih optimal dalam mengidentifikasi suatu permasalahan dan mampu mengambil tindakan secara efektif, efisien dan tepat guna dalam peningkatan pelayanan kepada pelanggan di Kota Malang.



Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: