Publikasi

Umum

Profesor Taiwan dan Dosen ITS Studi Tiru ke Tugu Tirta

Profesor Taiwan dan Dosen ITS Studi Tiru ke Tugu Tirta

MALANG- Reputasi bergengsi Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang terus menjadi magnet banyak pihak eksternal untuk belajar.

Sebagai salah satu BUMD Air Minum terbaik dan percontohan tingkat nasional, kunjungan studi tiru ke Perumda Tugu Tirta bukan hanya dari sesama BUMD, melainkan juga kalangan praktisi hingga akademisi luar.

Pada Kamis (10/8/23), rombongan dari National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan berkunjung ke Kantor Pusat Perumda Tugu Tirta. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula delegasi dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Maksud kedatangan rombongan dari Taiwan ke Malang adalah untuk melakukan uji sampling kualitas air di sumber air Perumda Tugu Tirta. Fokus pengujian tim yang dipimpin Prof Tsair-Fuh Lin itu adalah penelitian mikrobiologi.

Sebelumnya, profesor dari Department of Environmental Engineering NCKU tersebut telah melakukan uji sampling dan penelitian ke sejumlah daerah di Tanah Air. Termasuk ke beberapa kota di Jawa Timur seperti Surabaya.

Sementara itu, delegasi ITS dengan dosen Ervin Nurhayati PhD juga menyampaikan sejumlah atensi studinya ke Kota Malang. Diantaranya rencana pengembangan instrumen kualitas air.

"Semoga segera bisa diterapkan, sehingga kami pun nanti bisa menyerap ilmu dan mengaplikasikan teknologinya. Kita sama-sama transfer knowledge," ujar Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas S.Pd, MSi.

Muhlas menjelaskan, bahwa saat ini Perumda Tugu Tirta juga tengah mengembangkan beberapa teknologi baru. Termasuk mengaplikasikan Business Inteligence (BI).

"Adaya BI memudahkan kami dalam mengidentifikasi tren pemakaian air. Dengan begitu pemetaan bisa dilakukan lebih baik  dan hasil analisa ditindaklanjuti sebagai pijakan perusahaan untuk mengambil keputusan," terangnya.



Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: