Publikasi

Umum

Solusi Atasi Keterbatasan Suplai, Komisi B Dorong Percepatan SPAM 2 Tugu Tirta

Solusi Atasi Keterbatasan Suplai, Komisi B Dorong Percepatan SPAM 2 Tugu Tirta

MALANG- Upaya Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang untuk mengatasi keterbatasan suplai air baku mendapat atensi langsung dari DPRD Kota Malang. Secara langsung, Komisi B melakukan inspeksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Rabu (31/5/23) siang.

Rombongan anggota dewan datang ke Kantor Pusat Perumda Tugu Tirta untuk melihat kesiapan SPAM 2 yang diproyeksi menambah suplai layanan Sawojajar hingga Buring dan sekitarnya.

"Kami ingin tau langsung perkembangan SPAM Sawojajar sejauh mana. Semakin cepat difungsikan, maka layanan ke pelanggan di wilayah yang selama ini sering mengalami gangguan layanan bisa tercover lebih baik. Karena akan ada tambahan debit produksi dari optimalisasi SPAM," ujar Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono S.TP.

Dalam rombongan, turut serta anggota yang lain seperti H Imron, Arief Wahyudi, Eddy Widjanarko, Lookh Mahfudz, Jose Rizal Joesoef dan Syabril Ulum.

Pihaknya setelah mendapat penjelasan dari Direksi Perumda Tugu Tirta dan melihat langsung ke lokasi, mengetahui bahwa SPAM 2 saat ini dikebut untuk proses filtrasi agar kualitas produksinya memenuhi syarat uji kualitas air minum sesuai Permenkes No.492 Tahun 2010.

"Untuk suplai airnya tidak ada masalah. Dari dua sumur bor bisa menghasilkan kapasitas produksi sekitar 40 lps. Tinggal filtrasinya saja, dan itu butuh waktu dengan beberapa tahapan yang harus diikuti. Kita harapkan prosesnya sesegera mungkin," tegas Trio.

Hal itu diamini Direktur Teknik Perumda Tugu Tirta, Ir Ari Mukti MT. Menurutnya, optimalisasi SPAM 2 Sawojajar akan menambah produksi air baku secara signifikan.

"Terus dipercepat, sehingga nanti efektif mengcover layanan area Sawojajar hingga Buring dan sekitarnya. Ini merupakan bagian dari upaya percepatan layanan air minum 100% untuk masyarakat," serunya.

Dalam kesempatan tersebut, anggota legislatif dari Komisi B juga meninjau lokasi pembangunan Water Treatment Plant (WTP) SPAM Bango di wilayah Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing. Proyek WTP kerjasama Pemkot Malang dengan Perum Jasa Tirta 1 sedianya dimulai dalam waktu dekat.


Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: