Publikasi

Umum

Demi Kembangkan Perusahaan, Tirto Negoro Sragen Ajak Pakar Air Minum dari Belanda ke Tugu Tirta

Demi Kembangkan Perusahaan, Tirto Negoro Sragen Ajak Pakar Air Minum dari Belanda ke Tugu Tirta

MALANG- Jarak sama sekali bukan halangan untuk terus menimba ilmu. Dua warga negara Belanda, Rob Hofman dan Marcel Knopper bahkan datang langsung ke Kota Malang untuk mengikuti agenda studi tiru ke Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Kamis (2/3/23).

Perwakilan dari perusahaan air minum Oasen NV asal Negeri Kincir Angin tersebut ikut dalam rombongan Perumda Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang  melakukan kunjungan belajar ke Bhumi Arema.

"Saat ini kami bekerjasama dengan Oasen NV dalam kerangka kerjasama WaterWorX. Topik kerjasama yang dikembangkan diantaranya mengenai penurunan angka NRW dan peningkatan kualitas air," ujar Direktur Teknik Perumda Tirto Negoro, Ir Samuel Rudhianto MH.

"Baik kami maupun Oasen NV memandang bahwa Perumda Tugu Tirta memiliki kinerja yang baik, termasuk dalam hal penurunan NRW dan kualitas air. Karena itulah kami ingin belajar langsung ke Kota Malang. Termasuk juga ingin memahami bagaimana cara membangun training center dan laboratorium seperti di Perumda Tugu Tirta," beber Samuel menyampaikan maksud kedatangan rombongannya.

Layaknya perusahaan air minum di negara maju, Oasen NV yang berpusat di Gouda sudah mengoperasikan sistem secara profesional dan pengelolaannya sangat modern. Tingkat NRW nya bahkan sudah di angka 4%.

Mereka pun membuka diri kepada BUMD Air Minum di Indonesia yang tertarik untuk studi tiru ke sana.

"Kami terbuka dan siap menerima rekan-rekan dari Kota Malang jika ingin berkunjung ke Belanda untuk belajar bersama," kata Rob Hofman.

Hal itu disambut antusias Direktur Administrasi dan Keuangan Perumda Tugu Tirta, M Syaifudin Zuhri SE, MM yang terkesan dengan teknik pengelolaan air minum di 'Negeri Oranye' tersebut.

"Bahkan tandon dan pipa-pipa buatan Belanda peninggalan era kolonial di Kota Malang saat ini masih berfungsi baik dan masih kami operasikan. Tentu itu menjadi sedikit gambaran betapa maju ilmu dan teknologi dari para insinyur Belanda sejak zaman dulu. Jujur kami ingin belajar langsung ke Negeri Belanda. Semoga bisa terealisasi dalam waktu dekat," terangnya.

Pihaknya juga merasa tersanjung atas kedatangan rombongan dari Perumda Tirto Negoro. Meski sudah cukup maju dan berprestasi, namun BUMD asal Sragen tersebut tetap mau belajar untuk terus mengembangkan perusahaan.


Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: