Publikasi

Umum

Tindak Lanjuti Program Kemitraan Perpamsi, Tirta Bumi Wibawa Makin Mantap Belajar dari Tugu Tirta

Tindak Lanjuti Program Kemitraan Perpamsi, Tirta Bumi Wibawa Makin Mantap Belajar dari Tugu Tirta

MALANG- Komitmen yang dibangun bersama antara Perumda Air Tugu Tirta Kota Malang dengan Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi terbukti bukan sekadar nota kesepakatan yang tertuang di atas kertas.

Kedua belah pihak menunjukkan keseriusan dalam menjalin kerjasama Program Kemitraan Solidaritas Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi). Setelah bulan Juni lalu rombongan dari Kota Malang bertandang ke Sukabumi, giliran rombongan Perumda Tirta Bumi Wibawa melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Perumda Tugu Tirta, Jumat, 15 Juli 2022.

"Kebarokahan ilmu itu sangat penting. Karena itulah, kami datang khusus ke Kota Malang untuk belajar banyak hal yang bisa kami contoh dari Perumda Tugu Tirta," ungkap Direktur Utama Perumda Tirta Bumi Wibawa, Ir Abdul Kholik Fajdawani MM.

"Belajar ke Kota Malang ini membuat  kami sangat senang. Selain sudah pasti mendapat banyak ilmu yang bermanfaat, kami juga disambut dengan sangat baik oleh Bapak Dirut dan seluruh pegawainya yang sangat humble. Suatu kebanggaan bagi kami, karena sekarang Perumda Tugu Tirta ibarat 'selebritis' yang menjadi jujugan se-Indonesia," lanjutnya.

Hal tersebut diamini pihak Perpamsi yang turut mendampingi rombongan dari Sukabumi.

"Kami berharap success story di Kota Malang dalam hal penurunan angka NRW bisa terjadi di Kota Sukabumi. Komitmen untuk maju bersama ini yang coba kami tumbuhkan secara merata di Indonesia. Dari 100 persen program berjalan, 80 persen bisa berhasil karena kuncinya ada pada komitmen tiap-tiap BUMD Air Minum. Semoga kegiatan kita ini bisa terselesaikan dengan baik dan sesuai apa yang dicita-citakan," terang Rustanto, selaku fasilitator Perpamsi.

Dalam kesempatan ini, antara Perumda Tugu Tirta dan Perumda Tirta Bumi Wibawa dengan difasilitasi Perpamsi juga menindaklanjuti Letter of Intent (LoI), yang sebelumnya pernah ditandatangani di Sukabumi pada 7 Juni 2022.

"Program kemitraan membuat kita sesama BUMD Air Minum makin solid. Melalui program ini, sama halnya dengan menyebar kebaikan ke seluruh anggota Perpamsi. Hal seperti ini harus kita jaga dan semakin dikembangkan ke arah pembangunan yang positif. Karena keberhasilan program NRW bukan hanya kesuksesan bagi perusahaan, namun juga demi kemaslahatan masyarakat," urai Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas S.Pd, MSi.

Antara Perumda Tugu Tirta dan Perumda Tirta Bumi Wibawa bisa klop karena punya sejumlah kesamaan. Kedua BUMD memiliki problematika yang hampir serupa, yakni menyangkut minimnya ketersediaan air baku.

"Tak jauh berbeda seperti dialami banyak PDAM kawasan perkotaan lain di Indonesia, problematika yang kami hadapi salah satunya adalah krisis air baku. Begitu pula untuk menurunkan tingkat NRW menjadi tantangan yang harus kami hadapi bersama. Semoga melalui kemitraan ini, kita bisa saling bersinergi, bekerjasama, utamanya dalam hal transfer ilmu dan teknologi," sambung Direktur Teknik Perumda Tugu Tirta, Ir Ari Mukti MT.


Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: