Publikasi

Umum

Utusan Kemendagri Lakukan Monev, Tugu Tirta Tularkan Ilmu Transformasi Digital

Utusan Kemendagri Lakukan Monev, Tugu Tirta Tularkan Ilmu Transformasi Digital

MALANG- Utusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ditjen Bina Keuangan Daerah berkunjung ke Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Kamis (20/1/22).

Kehadiran rombongan yang dipimpin Kasubbid BUMD Bidang Air Minum Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri; Riris Prasetyo ST M.Kom tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi BUMD Air Minum, limbah dan sanitasi. Selain Kota Malang, monev juga dilakukan di Kota Surabaya.

"Kami ingin melaksanakan arahan Bapak Direktur supaya proses digitalisasi di PDAM se-Indonesia semakin dipercepat. Harapannya, PDAM kecil atau yang sejauh ini dianggap belum mandiri nantinya bisa kami bantu. Dari kunjungan ke Perumda Tugu Tirta ini, semoga ada tambahan ilmu yang bisa dipetik dalam hal transformasi digital," terang Riris, sapaan akrabnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya menyadari pentingnya sinkronisasi data dari PDAM di tiap daerah dengan pemerintah pusat. Sehingga pemanfaatan data berbasis teknologi di kemudian hari bisa diakses segala lini, termasuk masyarakat umum.

Bersama rombongan hadir pula Pjs Direktur Eksekutif Perpamsi; Ir H Agus Sunara dan Konsultan Aktuaria; Rio Harcan M.AK, MPM. Dalam kesempatan diskusi di Ruang TCC Tugu Tirta tersebut, Rio membahas tentang pentingnya knowledge management system, yang saat ini menjadi perhatian di berbagai sektor industri.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si menyebut bahwa saat ini perkembangan teknologi telah sedemikian pesat. Maka tak heran jika muncul pepatah mashur, 'Siapa yang menguasai teknologi, maka akan menguasai dunia'.

"Oleh karena itu, kami pun di Perumda Tugu Tirta terus berupaya mengadaptasi teknologi terapan dan selalu berinovasi demi kemajuan perusahaan. Kami juga mengoptimalkan business intelligence, sehingga dari big data yang ada kami bisa menganalisa, kemudian menghasilkan formulasi yang menjadi bahan untuk merancang kebijakan strategis guna mencapai apa yang kami targetkan," urai Muhlas didampingi Direktur Teknik Ir Ari Mukti MT.

Di hadapan forum, mereka juga membeberkan latar belakang komitmen direksi untuk menggagas transformasi digital di perusahaan, timeline pengembangan IT,  customer information system, water utility integrated network, geographycal aplication system, utility administration system hingga penerapan artificial intelligence di Perumda Tugu Tirta.



Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: