Publikasi

ToSS (Tota Solution System)

Lebarkan Sayap Bisnis ToSS, Tugu Tirta Kian Melesat

Lebarkan Sayap Bisnis ToSS, Tugu Tirta Kian Melesat

MALANG- Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang terus melebarkan sayap melalui lini bisnis barunya, Total System Solution (ToSS).

Di triwulan awal 2022, semakin banyak BUMD Air Minum yang tertarik menjadi mitra ToSS Perumda Tugu Tirta dan menjalin perjanjian kerjasama. Tiga diantaranya adalah PDAM Tirta Lematang Lahat Sumatera Selatan, Perumda Tirta Sago Kota Payakumbuh Sumatera Barat dan Perumda Tirta Taman Sari Kota Madiun Jawa Timur.

Manajer Bagian Hubungan Pelanggan Perumda Tugu Tirta melalui Supervisor Business Development ToSS, Firlana Rahmania menuturkan, antara pihaknya dengan PDAM Tirta Lematang Lahat sudah menjalin kerjasama sejak Januari lalu.

"Saat ini kita sedang proses integrasi data. Mereka mengambil paket untuk empat modul, yakni modul sistem pelanggan, keuangan, HRD dan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM)," terang Firly, sapaan akrabnya.

Sedangkan Perumda Tirta Sago Payakumbuh tertarik untuk mendapatkan paket inhouse training dan konsultasi pendampingan RPAM. Sebagai salah satu role model dan percontohan RPAM tingkat nasional, para trainer dari Perumda Tugu Tirta memang sudah tak diragukan lagi kompetensi dan kapasitasnya.

"Sehingga mereka ingin merefresh lagi pengetahuan tentang RPAM. Kami akan mengawali dengan mengisi inhouse training RPAM di Payakumbuh, kemudian dilanjutkan dengan konsultasi dan pendampingan di sana. Rencananya kerjasama sudah mulai berjalan bulan Maret mendatang," beber Firly.

Sementara itu, tak butuh waktu lama bagi Perumda Tirta Taman Sari Madiun untuk memilih ToSS Perumda Tugu Tirta sebagai jujugan utama.

Hanya berselang satu bulan pasca kunjungan studi banding jajaran direksi dan manajemen mereka ke Kantor Pusat Perumda Tugu Tirta pada 17 Januari 2022, rencananya BUMD Air Minum yang dipimpin Direktur Utama Suyoto S.IP tersebut akan menandatangani perjanjian kerjasama pada Jumat (25/2/22) ini.

Setelah melihat langsung sistem terintegrasi yang sudah dijalankan di Perumda Tugu Tirta, mereka makin tertarik setelah tim Perumda Tugu Tirta yang dikomando Direktur Utama M Nor Muhlas S.Pd, M.Si melakukan kunjungan balasan untuk presentasi pada 17 Februari lalu.

"Tirta Taman Sari Madiun berencana mengambil paket modul aplikasi pelanggan dan keuangan, karena dua hal tersebut yang menjadi prioritas mereka. Setelah penandatangan kerjasama nanti, kami bisa langsung mulai dengan diawali proses integrasi data dan dilanjutkan pelatihan langsung di Madiun," urai Firly.

Dia juga memastikan bahwa sistem informasi di Perumda Tugu Tirta terus dikembangkan, sehingga ke depannya, para mitra kerja ToSS akan menerima update fitur serupa dengan pengembangan sistem informasi yang berjalan di Perumda Tugu Tirta.




Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: