Publikasi

Umum

Diklat YPTD PAMSI Belajar NRW, Tugu Tirta Bekali Peserta dengan Praktik Lapangan

Diklat YPTD PAMSI Belajar NRW, Tugu Tirta Bekali Peserta dengan Praktik Lapangan

MALANG-  Kompetensi mumpuni para 'tukang ledeng' Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang sudah teruji di Tanah Air. Selain perusahaannya jadi jujugan studi banding PDAM se-Indonesia, SDM Perumda Tugu Tirta juga selalu dipercaya menjadi narasumber serta pengajar berbagai seminar, diklat dan pelatihan air minum untuk level nasional.

Dalam rangka sertifikasi pelatihan ahli penanggulangan & pengendalian kehilangan air, Yayasan Pendidikan Tirta Dharma (YPTD) PAMSI selain menggandeng ITS Surabaya, juga menggelar diklat praktik langsung di Malang dengan pendampingan tim dari Perumda Tugu Tirta, Jumat (28/1/22).

"Kami selaku wakil dari YPTD PAMSI mengucapkan terima kasih kepada Perumda Tugu Tirta yang telah berkenan menyediakan fasilitasnya sebagai praktik tempat kerja bagi kegiatan sertifikasi pelatihan ini. Kegiatan praktik ini untuk memenuhi kompetensi yang disyaratkan dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerjaa Nomor 169 Tahun 2010 tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia," ungkap Direktur Lembaga Pelatihan Profesi YPTD PAMSI, Ir Budi Sutjahyo, MT. I.PU.

Selama di Malang, para peserta diklat yang merupakan peserta program super specialist Megister Rekayasa dan Pengendalian Kehilangan Air Departemen Teknik Lingkungan kerjasama ITS dan Kementerian PUPR angkatan 2020/2021 mengikuti serangkaian kegiatan yang dipandu langsung oleh para ahli NRW Perumda Tugu Tirta. Mereka mendapatkan materi tentang commercial losses, district meter area (DMA), perbaikan kebocoran pipa, monitor SPAM hingga sistem baca meter pelanggan.

"Jadi para peserta kita akan bisa melihat apa yang sudah diajarkan oleh dosen dari ITS selama beberapa hari ini, khususnya materi tentang pengendalian kehilangan air kemudian bisa mensinkronkan relevansinya antara teori dan praktiknya seperti apa. Semoga apa yang nantinya didalami oleh peserta, dapat berkenan dan mudah-mudahan menjadi bekal bagi mereka. Ke depannya, semoga juga memberikan manfaat bagi Kementerian PUPR dan kemanfaatan bagi masyarakat di Indonesia," urai Budi yang juga dikenal publik sebagai advisor BPPSPAM, Kementerian PUPR.

Direktur Administrasi & Keuangan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Syaifudin Zuhri SE, MM berharap azas manfaat tersebut berdampak positif dan meluas.

"Suatu kehormatan bagi kami di Perumda Tugu Tirta untuk bisa mengimplementasikan ilmu kami di bidang NRW kepada para akademisi. Mengingat betapa pentingnya penguasaan NRW, tentu hal ini sudah harus menjadi perhatian penting seluruh PDAM atau BUMD air minum di Indonesia untuk mempelajarinya. Kami berharap kerjasama seperti ini juga akan berkelanjutan pada PDAM yang lain," pungkasnya saat memberi sambutan sebelum memberangkatkan peserta diklat ke lokasi praktik lapangan. 



Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang


Share this Post: